Train Review

[TRAIN REVIEW] Argo Parahyangan KA22 Kelas Eksekutif Gambir to Bandung

Naik Argo Parahyangan dari Jakarta Gambir ke Bandung

Haloooooo!

Selamat datang lagi di post terbaru saya di Firstmareza.com!

Senang sekali dapat bertemu dan berjumpa lagi dengan para pembaca setelah blog saya ini di takeover oleh teman saya. Bagaimana nih kabarnya? Semoga selalu sehat yaps di bulan September ini! ๐Ÿ˜€

Di post terbaru Firstmareza.com ini saya akan membawa para pembaca pergi ke suatu tempat di Jawa Barat yang sangat-sangat dikenal oleh turis baik lokal maupun mancanegara.

Terkenal akan Gedung Sate dan Lembang nih! Kira-kira apa yaaa? Tuh lihat judul aja hehehe. Bandung jawabannya! ๐Ÿ˜€

Penerbangan ke Bandung, EHHH maksudnya perjalanan ke Bandung akan ditempuh selama 3 jam lebih dikit. Perjalanan ini akan diwarnai dengan pemandangan-pemandangan indah di perjalanan diantara Purwakarta dan Cimahi.

Jadi kalau sering lewat di jalan tol Purbaleunyi, pasti sering lihat dong disebelah jalan tol ada jembatan kereta yang tampak seperti buatan Hindia Belanda. Nahhh perjalanan saya akan melewati jembatan-jembatan itu dan tentunya bukit-bukit di Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat.

Oh iya, kereta yang akan saya naiki kali ini diberi nama ”Argo Parahyangan.” Kereta yang kelas ekonomi nya menggunakan rangkaian K3 16 yang baru, jadinya ga hadap-hadapan seperti ekonomi lama. Dan kelas eksekutif yang masih dalam kereta lama.

Sedikit cerita nih, aslinya saya mau naik KLB Argo Parahyangan yang menggunakan rangkaian terbaru tahun 2018. Tapi karena waktu yang berangkat terlalu pagi dari Gambir, jadinya saya mengurungkan kesempatan naik kereta stainless steel dan berangkat naik kereta yang lebih siang walaupun menggunakan gerbong yang diproduksi lebih lama dari K1 18.

Dan sampai sekarang tulisan ini dirilis, saya masih belum berkesempatan naik kelas eksekutif dari K1 18 ini, tapiiiiii kelas diatasnya kebetulan sudah saya coba, penasaran kan sama reviewnya??? Apa sih yang diatas dari kelas eksekutif di kereta? Tunggu aja yaaaa guys! hehehe. ๐Ÿ˜€

Ceritanya saya lanjut sedikit yaaa, ternyata saya berangkat dari rumah pukul 4.45 di pagi hari karena ingin mengantisipasi macetnya Jakarta. Sayangnya macet-macetan itu tidak terjadi, saya tiba pukul 5.50 di Stasiun Gambir, sedangkan kereta KLB Argo Parahyangan yang ingin saya naiki tadi berangkat pukul 06.15 nih. Coba aja kalau naik KLB Argo Parahyangan itu pasti masih bisa kekejar berangkatnya huhu. ๐Ÿ˜ฆ

Tapi gapapa deh, seenggaknya bisa santai-santai dulu di kafe yang ada di selatan Stasiun Gambir, dan mengenyangkan perut untuk perjalanan 3 jam ke Bandung. Walaupun didalam kereta akhirnya laper lagi sih.

Tepat 30 menit sebelum kereta berangkat saya segera menuju peron untuk menunggu kereta saya yang masih dalam perjalanannya menuju Gambir. Oh iya jangan lupa yapp buat ngeprint boarding pass nya dulu di konter check-in.

Saat nunggu kereta saya yang masih tertahan di Manggarai, saya menjepret kereta Taksaka yang baru datang dari Jakarta Kota untuk mengangkut penumpang dari Gambir menuju Yogyakarta.

IMG_1214
Taksaka.

Nahh bagi yang penasaran saya dari tadi bilang K1 18 K1 18 stainless steel stainless steel dan para pembaca bingung nih, kebetulan Taksaka ini sudah menggunakan rangkaian kereta tahun 2018. Berikut saya berikan fotonya.

Gimana? Lebih bagus kan tampak luarnya? Gimana tampak dalamnya yaaa?

IMG_1217
K1 18.

Dan ternyata di bagian belakang dari kereta ini ada nyempil kereta Priority yang tentunya lebih nyaman dari eksekutif. Dengan harga yang lebih mahal penumpang dapat kursi yang empuk, mini bar yang tersedia didalam. Jadi bisa ngopi sepuasnya sambil duduk-duduk di mini bar KA Priority ini.

Selain K1 18, ini juga menjadi buruan saya kalau naik KA.

Kawis Priority.

Taksaka berhenti di jalur 2 sedangkan Argo Parahyangan akan masuk jalur 4 Stasiun Gambir.

Jadi inget cuplikan video waktu Adzan beberapa tahun yang lalu nih setelah lihat foto ini. (Duh ketahuan sudah berumur) ๐Ÿ˜€

Taksaka berhenti.

Puooooong! Beberapa detik setelah ini Argo Parahyangan memasuki Gambir. Tapi harus mengeluarkan penumpang dulu baru saya boleh masuk kedalam kereta ini.

Kereta ini ditarik oleh lokomotif CC206.

Argo Parahyangan.

Nah ini dia yang tadi saya bilang tentang KA Ekonomi Argo Parahyangan. Rangkaian ini sudah menggunakan K3 16 yang baru.

Dicirikan dengan jendela yang berwarna hitam memanjang dan pintu yang berwarna jingga.

Ekonomi 2016.

Dan begini penampakan kursi ekonomi K3 16 yang baru. Lebih nyaman bukan?

Tempat duduk ekonomi.

Kini saatnya menuju ke Eksekutif 4 dimana saya akan duduk. Tapi karena saya masuk melalui ekonomi 1 jadinya harus jalan cukup jauh menuju tempat duduk saya.

Walaupun jauh seenggaknya saya bisa melihat kereta makan yang tersedia di rangkaian Argo Parahyangan ini.

Ini dia penampakan tempat duduk dari kereta makan.

Tempat duduk.

Kode kereta makan ini adalah MP3 0 16 02.

Nomor kereta makan.

Eksekutif 4 yang beroperasi hari ini adalah eksekutif buatan tahun 2002. Yang memiliki livery khusus Asian Games dan berdipo di Bandung.

Mungkin sekalian mempromosikan Asian Games yang merupakan event terbesar saat ini di Indonesia. Gimana nih closing ceremonyย nya?

K1 02.

Dan kini saatnya masuk lagi kedalam kereta!

Ga lama kemudian ketemu deh sama kursi yang akan saya duduki selama 3 jam 16 menit kedepan! Halo 11D! ๐Ÿ˜€

IMG_1247
11D.

Ini foto kursi nya.

IMG_1245
Kursi eksekutif KA22.

Untuk legroom, saya rasa tampak cukup lega. Dan footrest tampaknya cukup enak dan ga melipat seperti di K1 16 Argo lawu yang saya naiki dulu.

Bagi yang ingin baca review mengenai Argo Lawu bisa langsung diklik disini.

IMG_1246
Legroom.

Model gorden masih model seperti yang ada dirumah bukan model tarik seperti KA KA yang baru.

IMG_1251
Gorden geser.

Jlessss akhirnya bisa duduk juga setelah berdiri selama kurang lebih 20 menit di peron. Kesan pertama saya duduk disini cukup nyaman dan enak, seperti duduk di kelas eksekutif lainnya.

IMG_1253
Duduk.

Untuk view dalam dari tempat saya duduk rasanya enak, lampu saya rasa cukup terang juga.

IMG_1249
View cabin.

Duduk disini saya rasa juga sangat nyaman, kalau pegal kaki bisa naik di footrest jadinya bisa bersantai dengan nyaman.

3 Jam disini badan bakal berasa masih segar deh di tujuan nanti hehehe.

IMG_1254
Nyamaaaan.

Selanjutnya tinggal menunggu kereta ini berangkat dan saatnya menikmati perjalanan singkat ini di Argo Parahyangan!

IMG_1256
Menunggu.

Puooooooong! Kereta ini akhirnya tancap gas dan segera meninggalkan stasiun gambir untuk memulai perjalanannya ke Bandung.

IMG_1259
Berangkat!

Sampai jumpa sore nanti Gambir dan Monas!

IMG_1261
Sampai Jumpa!

Saat berjalan kereta ini melewati Jalan yang tadi pagi saya lewati. Cukup lengang ya! ๐Ÿ™‚

IMG_1262
Lengang.

Kereta ini terus berjalan sampai akhirnya turun dan memasuki Stasiun Manggarai. Disini saya bertemu dengan KA Bandara yang sangat memudahkan saya dalam menggunakan transportasi umum dari tempat tinggal saya (Batu Ceper) menuju Soekarno-Hatta maupun BNI City yang berada di Jalan Sudirman Jakarta.

IMG_1264
Kereta Bandara.

Di Manggarai terasa sedikit guncangan karena melewati banyak wesel. jadinya sedikit sriiiit sriiiit.

IMG_1267
Manggarai.

Suasana di kereta saat ini hampir terisi penuh oleh penumpang, tetapi masih cukup tenang karena mayoritas tertidur. Beda sama saya yang gabisa tidur saat dalam perjalanan.

IMG_1271
Interior K1 02.

Kereta saat ini sudah melewati stasiun Jatinegara.

IMG_1275
Pinggir jalan.

Kini karena perut sudah sedikit tak bersahabat, saatnya mengunjungi kereta makan untuk membeli makanan! ๐Ÿ˜€

Duh padahal 3 jam kurang yang lalu baru aja makan di kafe Stasiun Gambir hehehe.

By the way ini penampakan kereta makannya.

IMG_1280
Kereta makan.

Kebetulan saya menemukan 1 makanan dan hanya satu-satunya yang ada di troli makanan yang ditawarkan. Jadilah saya memilih menu makanan ini.

Ayam Geprek!! ๐Ÿ˜€ Sedangkan teman saya disana memesan Nasi Bakar yang saat saya wawancara katanya enak.

IMG_1282
Nasi Ayam Geprek.

Minuman yang saya pilih adalah Orange Water.

IMG_1284
Orange Water.

Bagi yang penasaran gimana penampilan makanan Ayam Geprek nya? Nah ini dia! Selamat menikmati semuaaa!

IMG_1286
Nasi Ayam Geprek.

Untuk review makanan yang saya makan kali ini, rasanya sangat enak! Pedasnya pas seperti yang saya inginkan. Karena saya bukan orang yang suka banget sama pedas, ditambah dengan makanan ini disajikan panas menambah nafsu makan saya yang mulai lapar. DUH.

Saya mulai makan makanan ini saat berada di Stasiun Cakung. Duhhh Betapa doyan makannya saya hehehe. Padahal baru sebentar berangkat dari Gambir.

IMG_1283
Stasiun Cakung.

Setelah selesai makan dan menemukan diri saya susah jalan karena kekenyangan, saya langsung menuju ke Toilet di gerbong saya untuk mengecek kelengkapan sambil cuci tangan setelah makan.

Karena kalau ga cuci tangan setelah makan berasa ada yang kurang gitcuuu, sama kalau aku tanpa ……….. (isi sendiri).

Isi toilet sih saya rasa cukup oke, walaupun masih agak jauh dibanding K1 16 (YA IYALAH).

IMG_1289
Toilet.

Ayo cuci tangan setelah makan!

IMG_1291
Wastafel.

Kini saatnya kembali ke tempat duduk saya, dimana saya meninggalkan tas saya disitu. Saya rasa cukup aman untuk meninggalkan tas saya karena cukup aman dengan fitur pengaman dari Pacsafe. Review gear dan perlengkapan saya bakal saya upload mungkin ga lama lagi hehe.

IMG_1294
Balik lagi.

Oke kini saatnya untuk mereview kelengkapan yang tersedia di tempat duduk K1 02 ini.

Yang pertama penumpang diberi bantal yang cukup empuk dan nyaman. by da way bantal ini diberikan kepada penumpang 1 kali pada setiap perjalanan. Jadi pada perjalanan BD-GMR penumpang diberikan bantal, setelah tiba di GMR dan akan kembali ke BD, bantal diganti karena menjaga supaya tetap higienis.

Jadi jangan takut dengan bantal kotor karena akan diganti setiap kereta ini tiba di tujuan.

IMG_1296
Bantal.

Selanjutnya di sandaran tangan yang didalamnya ada meja tempat makan.

IMG_1297
Sandaran tangan.

Berikut foto mejanya saat dikeluarkan dari tempatnya. Cukup luas menurut saya.

IMG_1299
Meja makan.

Setelah review tempat duduk selesai, kini saatnya lanjut ubek-ubek isi seat pocket didepan tempat duduk.

Isinya ada majalah MiX dan Kartu instruksi keselamatan dari kereta ini.

IMG_1343
Isi.

Nah ini tampak dalam dari safety card dari KA Argo Parahyangan.

IMG_1345
Bagian dalam.

Hayo ada yang masih ingat saya duduk di sebelah manaaa?

IMG_1346
Dimana yaaa?

Oh iya ada yang ketinggalan, berikutnya ada buku menu dari makanan yang tersedia didalam kereta.

IMG_1349
Buku menu.

Berikut isi dari buku menu ini. Maaf banget yaa guys kalau kurang jelas! ๐Ÿ™‚

IMG_1350
Isi.

Dan ini bagian belakang dari buku menu ini. Ada snack-snack dan minuman yang menyegarkan.

Saya mendukung gerakan #AyoKulinerDiAtasKereta!!! ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

IMG_1351
Buku menu.

Diluar saat ini saya berada didaerah yang mewah (mepet sawah).

IMG_1300
Mewah.

Akhirnya kereta ini masuk di checkpoint Stasiun Cikampek dan melintas langsung.

IMG_1303
Stasiun Cikampek.

Kemudian berpisah dan masuk ke rel menuju Bandung.

IMG_1304
Belok kanan.

Selanjutnya perjalanan terasa uneventful sampai kereta ini tiba di Stasiun Purwakarta untuk berhenti mengangkut atau menurunkan penumpang.

IMG_1312
Tumpukan kereta di Stasiun Purwakarta.

Kini saatnya kereta memasuki bagian yang saya senangi.

Selamat datang di DAOP 2 yang menawarkan pemandangan yang sangaaaaaaaaat menawan!!!! ๐Ÿ™‚

IMG_1314
Mulai.

Ini masih belum ya guys! Tapi sudah bisa melihat kereta meliuk belok kekanan.

Didepan sana ada Kawis Priority tepat dibelakang Lokomotif.

IMG_1320
Meliuk.

Halo jalan tol! Kali ini saya pindah haluan sedikit yaaa karena lagi naik kereta hehe.

IMG_1327
Jalan tol.

Selanjutnya tinggal menikmati daerah daerah perbukitan dan persawahan di DAOP 2 yang indah. Ditambah dengan teh dari pembelian saya di kereta makan.

Selamat menikmati galeri foto-foto amatir saya!

Ada jalan tol disana.
Daerah mewah dihiasi perbukitan.
Sawah yang berundak-undak.
Wahhh melewati jembatan yang dibawahnya sangat keren!
Meliuk lagi.

Tak terasa kereta ini telah memasuki Stasiun Maswati. Berarti ga lama lagi ada sesuatu hal baru yang akan saya rasakan.

IMG_1385
Maswati.

Saatnya memasuki Terowongan Sasaksaat!

IMG_1394
Terowongan Sasaksaat.

Setelah 40-50 detik berada didalam Terowongan, akhirnya kembali ke zona terang.

IMG_1397
Keluar!

Selanjutnya pemandangan didominasi oleh jembatan-jembatan dan jalan tol.

Again.ย Selamat menikmati foto amatir saya!

IMG_1400
Jalan tol.
IMG_1405
Jalan tol.
IMG_1423
Meliuk melewati jembatan.

Akhirnya kereta ini mulai melambat dan bersiap masuk Stasiun Cimahi.

IMG_1434
Masuk Stasiun Cimahi.

Setelah berhenti sebentar di Cimahi, kereta ini mulai berangkat lagi menuju pemberhentian terakhir dari KA22 ini. Bandung,

20180622_115617
Stasiun Ciroyom.

Persiapan masuk ke Bandung, yuk berdiri setelah duduk lama! ๐Ÿ˜€

20180622_115937
Kelas yang minggu depan saya ulas.

Okay akhirnya tiba di Bandung! Terima kasih Argo Parahyangan atas tumpangannya!

20180622_120201
Tengkyuuu!

Se…le…saiii!!!


Selesai juga dehhh!

Kesan saya menaiki Argo Parahyangan ini cukup baik. Kursi sangat nyaman ditambah dengan makanan yang enak banget menjadiย starter dari nilai bagus saya. Untuk kereta walaupun buatan 2002 tetapi masih enak banget! Next K1 18 gimana ya kira-kira? Duh jadi pingin review nih hehehe. Tunggu aja yaaa setelah 7 post lagi ada yang baru di Kereta Api Indonesia.

Lalu pemandangan yang ditawarkan di perjalanan juga sangat menawan dan enak untuk dipandang.

Nah hatur nuhun KAI atas perjalanannya! Sampai jumpa lagi minggu depan!

Instagram @Firstmarezacom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: