Flight Review International

[FLIGHT REVIEW] All Nippon Airways (ANA) Economy Class NH836 Jakarta to Narita

Terbang bersama All Nippon Airways dari Jakarta ke Tokyo Narita

Haloooo teman-teman!

Terima kasih sudah menyempatkan waktunya untuk membaca Flight Review terbaru ini. Selamat Datang para pembaca :).

Omong-omong, saya adalah pengulas/reviewer baru di situs ini, nama saya Abyan. Saya hanya menulis untuk menghilangkan kegabutan saya. Mungkin saya tidak akan menulis sebanyak author satu lagi, Firstmareza. Mohon maaf sekali apabila banyak kesalahan dalam penulisan ulasan pertama yang saya ketik ini.

Perkenalan singkat udah, oke deh, langsung aja kita mulai ulasan penerbangan ini.

Kali ini dalam review penerbangan Internasional saya di FlywithReza.com yang pertama, saya akan membawa para pembaca pergi ke Jepang dengan Flag Carrier asal Jepang yang merupakan member dari Star Alliance. Maskapai ini memiliki banyak sekali penghargaan kelas dunia dari Skytrax seperti :

  • 5 Star Airlines (2013-2017)
  • 3x (Asia) Best Airline Staff
  • 6x (World) Best Airport Services
  • 10 besar World’s Best Airlines (2012-2017)

Maskapai apa ini??? Apa lagi kalo bukan All Nippon Airways atau biasa lebih dikenal dengan ANA.

Review ini akan menjadi review 1 dari 3 reviews pesawat mendatang, karena kali ini pergi ke Jepang untuk berlibur dengan keluarga hehe.

Seperti biasa, berikut adalah data-data pada penerbangan ke Narita ini.

All Nippon Airways NH836
Jakarta (CGK)-Narita (NRT)
Sabtu, 7 April 2018
Durasi: 07h10m
Pesawat: Boeing 787-8
Seat: 25A

Seatmap bisa dilihat disini. Sebelumnya, durasi penerbangan yang terdapat di bagian data penerbangan adalah waktu penerbangan menurut waktu lokal Jakarta (WIB). Pada saat tiba disana waktu bertambah 2 jam karena perbedaan waktu GMT+7 ke GMT+9.

Penerbangan ANA ini akan berangkat pada pukul 6.15 pagi waktu lokal. Sudah menjadi kebiasaan di keluarga saya untuk pergi ke Bandara 3 jam sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan Internasional. Saat tiba di Soekarno-Hatta International, kondisi Bandara saat itu masih relatif sepi.

ANA berangkat dan mendarat dari dan di Soekarno-Hatta International dan berlabuh di Terminal 2, untuk penumpang, yaitu Terminal 2E. Kondisi terminal 2E saat itu menurut saya agak ramai, karena sepertinya ada jama’ah umroh yang akan berangkat ke Tanah Suci menurut pengelihatan saya karena mereka menggunakan kemeja yang seragam.

img_1599

Jangan khawatir apabila tidak dapat menentukan pintu masuk, karena ada petunjuk overhead dan ada jam digital yang menunjukkan waktu.

img_1600
Serem pak diliatin saya 😦

Bisa dilihat antrian masuk cukup panjang karena pada pagi hari ini memang cukup banyak penerbangan keluar Indonesia. Setelah itu saya masuk kedalam setelah melewati Airport Security untuk check-in baggage dan mengambil boarding pass.

img_1607
Check-in counter.

Di check-in counter terdapat larangan-larangan barang yang dapat dibawa kedalam bagasi, dan terdapat peta yang menunjukkan denah Terminal 2 yang menunjukkan lokasi check-in counter ANA dan bagaimana cara masuk ke bandara untuk menaiki pesawat ANA. Informasi yang diberikan dalam bentuk bahasa Jepang dan bahasa Inggris, Informasi cukup lengkap dan tidak akan membuat anda pusing.

img_1610
Essentials.

Setelah check-in baggage dan mendapatkan boarding pass, langsung saya ke Imigrasi, melewati Imigrasi, dan berputar-putar didalam terminal. Tidak banyak yang dapat diliihat karena hari masih terbilang cukup pagi dan belum ada toko-toko souvenir yang buka. Untuk membunuh waktu, saya bermain Mobile Legends kira-kira 2 game Classic.

Setelah itu saya langsung menuju ruang tunggu, yang terletak di ruang tunggu E3, tentunya setelah melewati airport security yang ada sebelum memasuki ruang tunggu.

Kondisi di ruang tunggu saat itu sudah cukup ramai, dan banyak penumpang yang menaiki pesawat ini adalah penumpang dengan penerbangan lanjutan menuju North America, karena banyak yang memegang passport U.S.A.

Saat saya akan memasuki ruang tunggu dan di dalam ruang tunggu. Didalam ruang tunggu saya dapat bermain 1 game Mobile Legends, tapi saya harus AFK karena sudah mau boarding.

img_1623
View dari ruang tunggu.

Setelah itu langsung boarding kedalam pesawat setelah menunggu antrian yang cukup panjang. Tidak ada naik-naik bus khas Soekarno-Hatta International dan langsung masuk melalui garbarata. Saat didalam pesawat kondisi sudah cukup ramai, bahkan pada kelas Bisnis. Standar review di website ini adalah legroomnya, jadi…

img_1626
Lega boss.

Karena saya menaruh tas punggung dibawah saya, membuat ruang kaki saya menjadi cukup sempit karena space di ruang kaki tidak begitu besar, jadi apabila tas anda padat dengan barang, ambil saja barang yang perlu dan taruh di keranjang didepan anda. Serius, kaki anda akan merasa lebih nyaman.

Pada saat saya sudah duduk di seat, langit diluar sudah mulai pagi.

img_1629
Masih pagi banget.

Berlanjut ke fasilitas yang dimiliki ANA untuk menemani perjalanan saya selama 7 jam kedepan. lumayan banyak fitur yang disediakan, cuman sayangnya tidak ada wifi on-board untuk penerbangan long-haul ini, saya cukup kecewa :(. Seperti pesawat komersil jaman now, terdapat AVOD yang akan menjadi sumber hiburan saya selama penerbangan ini.

img_1627
AVOD.

Terdapat juga ports seperti USB, headphone jack, dan PS/2 (siapa yang masih make ps/2 juga?) dan tersedia bantal untuk kepala apabila anda ingin tidur. Disediakan juga selimut namun tidak sempat saya foto (huehue).

img_1633
Lighting dengan sensor.

Atau menyenderkan punggung.

img_1632
Bantal tebal.

Beberapa saat setelah boarding, pesawat mulai push-back. Terbilang push-back saat ini cukup cepat, karena Soekarno-Hatta cukup terkenal dengan kepadatan paginya sehingga push-back harus mengantri.

img_1638
Amazing OTP!

Saat push-back, terspot Cathay Pacific yang akan berangkat ke Hongkong.

img_1639
Another 5 Stars Airline.

Setelah itu pushback langsung ke runway, tidak dirasakan pemberhentian karena taxiway lagi sepi pada saat itu yang akan berangkat dari runway 25R. Selama perjalanan di taxiway, diputarkan video keselamatan pesawat ini.

img_1642
Ditonton yak guys.

Pagi ini taxiway cukup sepi di CGK.

img_1643
Tumben yak.

Tanpa basa-basi, pesawat langsung meluncur ke runway untuk bersiap take-off. Full throttle dan lift off.

img_1644
Wuuuuung.

Kemudian pesawat mengudara. Cuaca diudara cukup berkabut.

img_1645
Sayapnya goyang.
img_1647
Foggy.

Setelah mengudara, saya langsung mengubek-ubek isi AVOD. ada beberapa pilihan bahasa seperti Bahasa Jepang, Inggris, Perancis, Jerman dan tampaknya bahasa China. Saya bingung mau nonton apa karena koleksi sangat beragam dan banyak, seperti film, drama, dokumenter, dan olahraga. bahkan ada kartun untuk anak-anak.

img_1650
NFL aja deh.

Tepat dibawah layar ada remote control yang dapat digunakan untuk bermain game dan segala macam fungsi yang disediakannya (menyalakan lampu overhead, memanggil flight attendant, Play/Pause musik/film).

img_1654
Standar.

Overhead di pesawat ini cukup unik, karena bentuknya yang melandai, dan tidak ada lampu logo larangan merokok pada biasanya, sehingga terkesan lebih simpel dan elegan (logo larangan merokok terdapat di setiap seat).

img_1649
Jangan lepas seat belt nya guyss.

Nah, habis ini ada fitur yang baru saya lihat (maklum jarang naik pesawat), yaitu tidak adanya window blind/shades pada umumnya, tetapi menggunakan dimmer untuk meredupkan jendela pesawat ini.

img_1655
Dimmer.

Seperti inilah tampak dunia luar dengan dimmer. Lampu pada dimmer akan menyala sesuai dengan intensitas kegelapan jendela.

IMG_1658
Kebiruan.
IMG_1657
Level 1

Berlanjut ke desain tray table yang agak unik. yaitu model tray table lipat.

IMG_1660
Macem liat briefcase.
IMG_1661
Kokoh juga model begini.
IMG_1662
Terlipat, locked and secured.

Saatnya melihat langit luar dengan kondisi jendela tidak diredupkan

IMG_1663
Tjakep.

Habis ini, mari korek-korek AVOD lagi, saatnya cek bagian audionya. Tersedia banyak genre lagu yang dapat didengarkan, seperti Pop, Rock, Jazz, Classic. Ada JPOP, K-Pop, lagu untuk anak-anak, Billboard hits now dan 2018 Grammy Nominees (terletak di pilihan Pop). Lagu yang terdapat disini cukup lengkap dan terupdate, ada album Revival dari Eminem dan Man of The Woods dari Justin Timberlake. (Billboard hits update terakhir pada penerbangan ini adalah 17 Februari 2018).

IMG_1671
Drake.

Sambil dengerin lagu, sama nungguin mbak pramugari kasih makan, mari kita ubek-ubek seat pocket. Apa saja isinya?, ada majalah ANA yaitu Wingspan, ANA Sky Shop yaitu barang-barang/merchandise yang dapat dibeli di pesawat, dan ANA Sky Channel yaitu list konten dari AVOD pada saat itu.

IMG_1674
Bisa dibawa pulang.
IMG_2472
Kalo emang butuh sih.
img_2474.jpg
Collector’s item?

Kemudian, ada headphone, menu serta Safety Card. Headphone ini tidak saya gunakan, hanya dibuka saja.

IMG_1676
Looking freshh
IMG_1677
Jangan diambil safety cardnya yaa.

Setelah selesai mengubek-ubek kantong doraemon, mbak pramugari datang dengan membawa trolly makanan. Dan inilah meal pada pagi ini. (Meal ini absolutely halal kok, karena ANA menyediakan meal Muslim-friendly yang bisa dipesan pas booking ticket, jadi no worries deh.)

IMG_1688
Decent deh.

Meal pagi ini adalah Chicken curry w/ rice and veggies, Chicken Salad, buah-buahan, mixed peanuts, roti (butter terpisah), dan OJ. Minuman yang dipilih author adalah jus apel karena nggak ada susu sapi (feelsbadman).

Setelah selesai makan, cahaya dalam kabin diredupkan dan jendela diredupkan (apabila anda ingin melihat angkasa dengan jelas, jendela dapat diterangkan sendiri).

Saya lanjut nonton Kingsman : The Golden Circle.

IMG_1708
Redup.

Dan beginilah tampak sayap dengan jendela yang redup.

IMG_1715
Awan macem kapas.

Capek duduk-duduk manja doang, sama kebelet, akhirnya ke kamar mandi, sekalian liat juga ada apa didalam sana.

IMG_1718
Sabun sama tisu?? πŸ€”

Di toilet nggak ada banyak amenities, cuma ada sabun dan tisu, sisanya cukup standar (toilet, tempat cuci tangan, tong sampah). Dan didalem toilet nggak bisa ngerokok karena dumpnya ngga bisa dibuka.

Setelah lega, kembali duduk dan ternyata sudah dekat dengan Jepang. Saat proses descent mbak Pramugari muter-muter lagi ngasih minum. Minuman kali ini yang dibagikan adalah lemonade.

IMG_1725
Kayak air abis dikocok-kocok.

Coastline Tokyo udah keliatan, makin kasar angin goyangin pesawat ini, karena laut penuh dengan ombak yang sepertinya menandakan angin kencang.

IMG_1729
Ombaknya rame.

Wah, parah sih ini, jantungan semua kayaknya saking kencengnya turbulensi pas final approach di Narita. Kacau banget sih naik-turun macem naik rollercoaster mini.

IMG_1737
Diluar sedikit hujan.

Sudah diatas darat angin juga masih kenceng ngegoyang. Pas masih Final Leg kayaknya juga ada angin-angin itu tuh yang crosswind apa gitu (maklum saya gatau apa namanya).

IMG_1745
Hello Narita!

Akhirnya mendarat juga di Tokyo-Narita. Welcome to Tokyo-Narita!.

IMG_1749
Sampe ujung runway baru exit.

Habis itu taxi beberapa menit, agak jauh juga kayaknya taxinya, sepanjang taxi banyak pesawat ANA yang lagi duduk-duduk manis atau siap-siap terbang. Dan akhirnya sampe ke Gate, disebelah ada pesawat Singapore Airlines yang udah selesai boarding dan pengen cabut.

IMG_1751
Kapan ya naik SQ?

Oke deh, Gate sudah nempel dengan pesawat, Penumpang kelas bisnis diperbolehkan keluar duluan. Babay ANA! naik lagi dalam 1 minggu hehe. Berikut view yang didapatkan pas turun dari pesawat.

IMG_2480
Berjejer busett.

Turun dari pesawat, jam menunjukkan pukul

IMG_2481
Lebih cepat sedikit.

So, that’s it. Selesai sudah review pada kali ini.


Terima Kasih udah menyempatkan waktu untuk baca Flight Review ini!. Maaf banget kalo artikel ini lama banget di publishnya karena scheduling sekali seminggu, dan masih banyak flight review yang belum dikerjakan, so, saya minta maaf.

Flight kali ini terbilang cukup pleasant bagi saya karena selama flight muluss banget jalannya kayak jalan yang baru di aspal (kecuali pas mau mendarat, itu ngga ada mulus-mulusnya, parah banget.).

Selain itu koleksi AVOD yang cukup update dan banyak pilihan musik maupun filmnya yang ngga akan membuat cepat bosan (terlebih saya suka genre hip-hop kekinian.)

Untuk makanannya overall enak sih untuk maskapai bintang 5, tapi kacangnya agak aneh rasanya ngga tau kenapa. Kru ANA pada penerbangan ini sangat-sangat ramah dan cepat pelayanannya, udah deh itu aja. +Kru nya good looking, ngga bakal capek liatnya.

Terima kasih ANA sudah membuat perjalanan saya ke Tokyo-Narita dengan nyaman dan enak.

Sampai Jumpa pada Flight Review saya yang akan datang!

γ‚γ‚ŠγŒγ¨γ†γ”γ–γ„γΎγ—γŸγ€‚

Next : Detective Conan??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: