Train Review

[TRAIN REVIEW] Argo Lawu Surakarta to Yogyakarta

Jalan-jalan Menaiki Kereta Argo Lawu dari Solo ke Yogyakarta

Halo semuaa!

Seperti biasa, selamat datang kembali di FlywithReza, kali ini saya akan pergi jalan-jalan ke D.I Yogyakarta, dan akan menaiki jasa dari BUMN lainnya selain Garuda Indonesia, yaitu Kereta Api.

Untuk perjalanan ke Yogyakarta dari kampung saya, Solo, ada 2 opsi yang bisa dipakai, opsi pertama yaitu menaiki KA Prambanan Ekspress yang biasa disingkat Prameks, atau opsi selanjutnya dengan menumpang KA jarak jauh, dengan tarif yang sudah direduksi.

Tentunya dengan menaiki KA jarak jauh ini adalah perjalanan menjadi lebih nyaman, karena sudah dijamin tempat duduk.

Harga tiket kali ini adalah Rp 55.000,00,-

Perjalanan ke Yogyakarta ini saya menggunakan KA 7 yang dinamakan Argo Lawu, yang berangkat dari Stasiun Solo Balapan pada pukul 8 Pagi dan dijadwalkan tiba di Stasiun Tugu pada pukul 8.52 Pagi, jadi total perjalanan adalah 52 menit.

Untuk rute perjalanan KA Argo Lawu bisa dilihat di tabel dibawah ini.

Screenshot_9
Tabel, Source Wikipedia.

Saya tiba di Solo Balapan pada pukul 7 Pagi, jadi masih ada waktu 1 jam, setelah datang, saya langsung bergegas ke Loket Go Show KA Jarak Jauh.

Setelah pesan dan membayar, lalu saya menunggu selama kurang lebih 15 menit, saat waktu menunjukkan pukul 7.30, saya masuk ke ruang tunggu dan duduk sebentar.

5 menit duduk, akhirnya kereta Argo Lawu tiba dari perjalanan sebelumnya, dan tampak saat itu bahwa keadaan penumpang tidak terlalu ramai, saat akhirnya benar-benar berhenti, saya pun segera masuk ke gerbong Eksekutif 6 dan duduk di kursi 6A, yang tentunya merupakan kursi jendela.

IMG_6345
Kereta tiba.

Ini dia penampakan eksterior.

IMG_6349
Eksekutif 6.

Melangkahkan kaki ke Eksekutif 6, hati-hati ya guys! please mind the gap.

IMG_6351
Masuuuuk.

Ini dia suasana kabin Eksekutif 6.

IMG_6352.jpg
Kursi 2-2.

Dan ga lama kemudian ketemu juga seat 6A.

IMG_6353.jpg
Seat 6A.

Saat duduk, kesan pertama cukup wah, fasilitas yang ditawarkan juga bisa dibilang baguss, apa aja fasilitasnya? nanti sekalian saya ulas disini.

Yang pertama, legroom yang ada di kelas eksekutif ini cukup legaa, eh bisa dibilang lega banget sih, apalagi tersedia fitur-fitur lainnya yang bikin betah duduk di kereta ini lama-lama, sayang perjalanan ini hanya berlangsung selama 52 menit.

berikut gambar legroom yang ada di kelas Eksekutif ini.

IMG_6354
Legroom.

Untuk penyimpanan barang, di gerbong kereta ini disediakan tempat penyimpanan diatas, ukurannya sih seperti yang saya lihat cukup besar untuk koper.

IMG_6355
Overhead bin.

Untuk sarana hiburan, di dalam gerbong disediakan beberapa TV sebagai hiburan selama diperjalanan, saat ini diputar video klip dari lagu-lagu populer di Indonesia dan beberapa lagu Mancanegara.

IMG_6356
Hiburan selama di kereta.

Satu hal yang menurut saya penting, adalah lebar kursi, kursinya cukup lebar, jadi tidak perlu perang kursi sama penumpang yang duduk disebelah, karena memang lebar kursinya.

IMG_6358
Kursi yang lebar.

Dan ditembah parah saat saya duduk, benar-benar nyaman guys!

Legroom yang sangat lega dan nyaman.

IMG_6360
Lega.

Di kursi ini juga disediakan Footrest untuk menyangga kaki, jadi seperti yang saya bilang, bener-bener nyaman deeeh.

IMG_6362
Footrest.

Nah satu hal yang penting, apa kursinya bisa di recline? jawabannya, ya pasti bisa! berikut gambar kursi dalam keadaan full recline dari depan dan samping.

IMG_6363
Recline tampak depan.
IMG_6364
Recline tampak samping.

Gimana? Enak kan? Walaupun direcline full, tetapi tidak terlalu mengganggu penumpang yang duduk dibelakangnya karena space masih lumayan luas.

Dan…dimana ya lokasi table nya? Nah jawabannya meja terletak di samping kursi, jadi bisa dibuka dulu di bagian sandaran tangannya, tinggal tarik jadi deh mejanya, cukup useful buat naruh benda-benda kecil dan juga majalah KA yang menemani anda selama perjalan.

IMG_6366
Meja.

Perjalanan kereta ke Jakarta Gambir ditempuh selama 8 jam dan 22 menit, daaaan kalau kehabisan baterai smartphone atau laptop gimana ya? pasti bakal bete banget.

Tapi tenang aja, disini ada 2 stop kontak yang bisa digunakan untuk ngecas baterai smartphone kamu, di kereta ini semua sangat-sangat mudah dehh.

IMG_6369
Stop kontak.

Lalu diatas stop kontak terdapat cup holder untuk menaruh minuman.

IMG_6368
Tempat untuk menaruh minuman.

Sambil menunggu kereta berangkat, baca-baca majalah KA yuk! Majalah ini dinamakan Rel.

IMG_6370
Majalah Rel.

Akhirnya pada pukul 07.59 peluit dibunyikan dan klakson terdengar dari gerbong Eksekutif 6, Puooooooooong.

Saatnya berangkat!

IMG_6372.jpg
Berangkat!

Sampai jumpa nanti sore, Solo Balapan!

IMG_6373.jpg
Sampai jumpa lagi!

Akhirnya keluar dari Stasiun Solo Balapan dan langsung jalan cukup kencang.

IMG_6376
Solo Balapan.

Saat melewati wesel ada guncangan sedikit, tapi gapapa karena itu yang bikin saya enjoy naik kereta ini.

IMG_6377.jpg
Kosong.

Oiya, selama perjalanan ini kursi disamping saya tetap dalam keadaan kosong, dan gerbong ini jumlah penumpang tidak mencapai 10, jadi bisa terbang kemana aja selama perjalanan dari Solo Balapan-Klaten, karena kereta akan berhenti di Klaten dan mengangkut penumpang, jadi ada kemungkinan gerbong akan terisi lagi oleh penumpang.

Saat jalan, ga dirasa tau-tau udah mau lewat kampung halaman saya, yang sangat dekat dengan Stasiun ini, kira-kira 200 meter, yaitu Stasiun Gawok.

IMG_6378.jpg
Mendekati Stasiun Gawok.

Dan akhirnya lewat juga Stasiun Gawok yang sangat ramai itu, biasanya didominasi oleh anak-anak untuk sarana rekreasi atau hanya sekedar melihat kereta melintas, apalagi hari itu masih pagi, kira-kira pukul 8.10 pagi.

IMG_6381
Melintasi palang Stasiun Gawok.

Setelah melewati Gawok kereta pun melaju lebih kencang.

IMG_6382
88 Km/h

Setelah ini saya berjalan-jalan di gerbong sebelum akhirnya pergi untuk mengecek toilet di kereta ini.

IMG_6384.jpg
Wastafel.

Dan sempat memfoto bordes.

IMG_6387.jpg
Pemisah.
IMG_6385
Pintu keluar masuk.

Saat duduk kembali, di sisi kanan terlihat Gunung Merapi dan Merbabu di kejauhan sana, dan ditambah pagi hari yang cerah, jadinya cukup bagus dan menarik buat difoto.

IMG_6388
Cantik bukan?

Ditambah dengan pemandangan persawahan sepanjang perjalanan, bagus deh pokoknya!

Oiya di kereta ini juga ada lampu baca, dengan lampu LED.

IMG_6390
Lampu LED.

Beberapa saat setelah ini kereta saya tiba di Stasiun Klaten, pemberhentian pertama kereta yang saya naiki ini, dan lumayan banyak penumpang masuk di Stasiun Klaten ini, sesaat setelah itu kereta berjalan kembali dan melewati salah satu tempat favorit saya di Yogyakarta, apa lagi kalau bukan Bandara Adi Sucipto!

IMG_6403
Bandara Adi Sucipto.

Pelaaan….Pelaaaan..Pelaaan dan semakin pelan, itu tandanya perjalanan ini akan segera berakhir, terima kasih KAI atas perjalanan yang menyenangkan!

Dan akhirnya melihat padatnya Yogya saat musim liburan ini.

IMG_6409
Padat.

Akhirnya tiba di Stasiun Besar Yogyakarta!

IMG_6414.jpg
Halo Yogyakarta!

Selesai sudaaaaah dan akhirnya saya tiba di Yogyakarta dan bertemu seorang teman baik, terima kasih telah membaca Train Review ini dan saya harap dapat bertemu dalam Review-review mendatang.


Pertama, Saya mohon maaf karena tidak menyedaiakan Train Review untuk perjalanan kembali ke Solo, karena saya sudah cukup lelah setelah berkeliling Yogya, dan sepanjang perjalanan saya memilih untuk istirahat, intinya perjalanan kembali ke Solo menggunakan kereta Argo Dwipangga yang Kabin dan Gerbongnya sama, saat perjalanan kembali saya duduk di Seat 8D, jadi view yang didapatkan selama perjalanan sama persis dengan waktu saya berangkat ini, sekali lagi mohon maaf, semoga dapat menyapa lagi di Flight Review selanjutnya.

Nah balik lagi dengan perjalanan ini, saya cukup senang dengan pelayanan yang ditawarkan karena hanya dengan tarif khusus sebesar Rp.55.000,00,- kita sudah mendapatkan layanan yang baik, dengan kursi yang enak pula, jika ingin bepergian ke Solo dari Yogyakarta atau sebaliknya, anda bisa menggunakan kereta ini sebagai pilihan anda jika tidak ingin berdesakan didalam kereta, opsi lain yang bisa digunakan selain kereta ini yaitu dengan menggunakan kereta khusus Solo-Yogya yang biasa dikenal dengan Prameks.

Sampai jumpa dan nantikan perjalanan saya selanjutnya!

Next….Kembali lagi ke Ibukota.

Instagram @Reza1212

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: