Flight Review

[FLIGHT REVIEW] Garuda Indonesia Economy Class GA228 Jakarta to Surakarta

Terbang bersama Garuda Indonesia dari Jakarta ke Solo

Halo semuaa!

Selamat datang lagi di Flight Review Reza yang terbaru, Reza akan membawa kalian semua berada dalam penerbangan GA228 dari Jakarta ke Solo.

Kali ini saya terbang menggunakan Garuda Indonesia, maskapai full service asal Indonesia, langsung aja yuk! berikut data-data pada penerbangan ini.

Garuda Indonesia GA228
Jakarta (CGK)-Surakarta (SOC)
Senin, 25 Desember 2017
Durasi: 01h00m
Pesawat: Boeing 737-800
Seat: 28K (43K)

Seat map 737-800 bisa dilihat disini.

Perjalanan dimulai dan saya tiba di Terminal 3 2.5 jam sebelum keberangkatan, karena mengantisipasi akan padatnya arus penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru 2018, tapi ternyata saat tiba tidak terlalu banyak lalu lalang para penumpang yang akan menggunakan jasa penerbangan, alias sepi.

Saat check in pun hanya mengantri selama 4 menit, cukup cepat kan saat peak season?

Waktu nanya petugas check in sih katanya flight ini lumayan sepi, woohoo bakal leluasa saya di pesawat ini.

Setelah check in saya pun turun menuju Boarding gate sambil mencari makan, untung saja Gate yang dioperasikan saat ini terletak tidak jauh dari security check, yaitu Gate 11.

IMG_6133
Gate 11.

Saat duduk, ternyata gate 11 ini sangat sepi, mungkin karena hanya 1 pesawat yang akan boarding di gate 11 pada saat itu.

IMG_6136
Gate 11.

Inilah foto sepinya Gate 11, di sisi sana adalah Terminal Internasional, sempat terdengar sayup-sayup penerbangan menuju Kuala Lumpur, setelah itu saya menunggu boarding sambil menyelesaikan beberapa post blog yang belum selesai, dan cukup efektif membuang waktu menunggu di pintu keberangkatan.

Waktu menunjukkan jam 2 lewat 15, waktunya masuk ke pesawat!

Aslinya boarding time yang tertera di boarding pass itu jam 13.30, tetapi entah karena masalah apa waktu boarding mundur 45 menit dari jadwal, segera saya masuk dan duduk di kursi 28K, kursi tepat didepan sayap, 2 row dibelakang saya adalah row emergency exit, jadi cukup didepan walau ga depan-depan banget.

IMG_6151
Legroom.

Untuk legroom, bisa dibilang cukup lega, lumayan mudah untuk keluar masuk penumpang.

IMG_6152
View luar.

View yang dilihat dari 28K cukup oke, saat mendarat bisa melihat reverse thrust nya dibuka, dan belum begitu terhalang oleh sayap pesawat.

Registrasi pesawat ini adalah PK-GNG, nah karena seri GN* maka pesawat sudah dilengkapi dengan Boeing Sky Interior, silahkan lihat gambar dibawah ini.

IMG_6153
Overhead Panel.
IMG_6154
Overhead bin.

Seperti yang saya bilang pada flight review saya sebelumnya, desain overhead bin nya berbeda dengan Boeing Signature yang merupakan kabin 737 generasi sebelumnya.

IMG_6155
Satu Overhead Bin yang masih terbuka.

Nah semua sudah selesai, kini saatnya mengeksplor konten dari IFE Garuda Indonesia pada bulan Desember, dan seperti biasa, home screen nya saja sudah sangat cantik.

IMG_6156
Welcome Onboard, 28K.
IMG_6157
Jack.

Bagi yang ingin menonton film, bisa menggunakan Headphone yang disediakan Garuda Indonesia, tetapi bagi yang ingin menonton menggunakan Headphone sendiri, jangan lupa membawa Adapter nya yaa, karena di pesawat ini hanya ada 2 prong jack, jadi agak sulit digunakan jika hanya menguunakan jack 3.5mm yang biasa digunakan di Headphone-Headphone saat ini.

IMG_6158
Pushback.

Akhirnya kita pushback juga, telat 50 menit dari waktu boarding, tapi semoga antrian takeoff tidak begitu lama yaa.

Safety Video pun diputar.

IMG_6161
Safety Video.

Saat taxiing, saya melihat ada 9 pesawat yang mengantri di runway 25R, jadi itu bakal memakan waktu yang sangat lama jika menunggu, akhirnya pesawat berbelok kekiri dan akhirnya berjalan menuju runway diseberang sana, yang antriannya juga kurang lebih sama seperti di runway 25R.

Disana pun kami menunggu kira-kira 7 antrian pesawat untuk terbang.

Setelah kurang lebih 45 menitan, kami akhirnya berada di antrian kedua di ujung, hanya ada 1 pesawat Batik Air didepan kita.

IMG_6172
Batik Air didepan.

Batik Air pun diperbolehkan untuk takeoff setelah menunggu 2 pesawat yang mendarat, setelah kita menunggu 1 Lion Air yang mendarat, akhirnya kita diperbolehkan masuk ke Runway dan disana tampak jelas berapa pesawat yang mengantri dibelakang kita.

IMG_6178
Ingin berhitung?

Waktu menunjukkan pukul 15.16 akhirnya kita memulai takeoff dan memulai perjalanan kita ke Solo.

IMG_6181
Spool up.

Pukul 15.17 pun kita sudah takeoff, sampai jumpa lagi tahun depan Jakarta!

IMG_6185
See you Jakarta!

Setelah takeoff, pesawat ini berbelok ke kiri dan melewati Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur, lalu setelah itu terbang lurus ke Semarang.

Tanda sabuk pengaman dimatikan, lalu saya pergi ke toilet dan mengecek toilet Garuda Indonesia, Keadaan amenity toilet saat itu cukup bersih dan well stocked dengan pewangi toilet beserta tissue basah.

Dan lain-lainnya cukup standar dari toilet-toilet pesawat pada umumnya.

IMG_6201
Toilet Garuda Indonesia Boeing 737-800.

Setelah keluar dari toilet, ternyata pembagian Snack sudah hampir usai, dan saya tidak mendapat snack tersebut 😦 tapi dari yang saya pantau, isi dari snack itu ada Cookies dari Torta Dolce dan sebuah roti.

Saat ingin kembali ke kursi asal, saya menemukan kursi kosong di baris 41-44, tau apa yang saat itu saya pikirkan? tentu aja duduk di salah satu baris itu, HAHAHA.

Sepertinya load factor penerbangan itu tidak penuh, hanya sekitar 60% jadi tidak begitu penuh, jadilah saya duduk di 43K.

IMG_6205
Kosooong.
IMG_6207
Kosoooong.

Dan duduk disitu sangaaat-sangat lapang.

Entah perasaan saya aja atau gimana, tapi duduk di kursi di belakang rasanya lebih luas dibanding duduk didepan, ada yang bisa bantu jawab?

Berikut seat pitch di 43K.

IMG_6224
Lebih luas?

Bagi yang belum tahu juga kursi 737-800 Garuda Indonesia, berikut saya lampirkan, warna yang diberikan juga selaras dengan Batik di Indonesia, coklat dan kuning.

IMG_6211
Coklat tua dan Coklat muda.

Cukup nyaman bukan? dengan Headrest yang sangat membantu, juga dengan recline yang nyaman.

IMG_6212
Kosong.

Seperti yang tadi saya bilang, seat didepan pun juga kosong tidak diisi penumpang.

Oiya, saya dari tadi menonton Dunkirk, film yang baru tersedia bulan Desember di IFE Garuda Indonesia, sebelumnya saya menonton didepan, tetapi karena pindah saya melanjutkan menonton di belakang, untung saja masih ingat menit terakhir saya menonton film itu, hehe.

Ini dia isi dari kantung kursi didepan saya.

IMG_6213
Isi seat pocket.

Btw untuk minuman pilihan kali ini seperti biasa saya memilih white wine..ehhh Jus Apel.

Terbang + Jus Apel + Dunkirk = Nikmaaaaaat.

IMG_6217
Jus Apel dengan branding Garuda di gelasnya.

Tak terasa pesawat sudah mulai turun, mungkin terlalu serius menonton film, artinya sebentar lagi kita akan segera sampai di Solo!

IMG_6238.jpg
Turun.

Tanda sabuk pengaman telah dinyalakan dan kru telah memulai landing checknya, itu berarti kita telah berada dibawah 10.000 kaki diatas permukaan laut.

IMG_6251
Passenger Announcement is in progress.

Sepertinya cuaca dibawah cukup berawan.

IMG_6252
Menabrak awan dalam 1…2…3….

Dan benar aja, cuaca dibawah benar-benar mendung, jadi saat melewati awan terjadi guncangan yang lumayan kencang, karena tebalnya awan.

IMG_6257
Masuk ke awan.
IMG_6273.jpg
Berputar.

Saat berputar lalu cuaca menjadi lumayan cerah, dan akhirnya kita sampai juga di Solo, kampung halaman saya.

IMG_6288
Minimums.

Touchdown!

Dan terparkir tepat disebelah pesawat milik Lion Air yang baru datang juga.

IMG_6306
Berhenti sempurna.

Selesai sudaah penerbangan Reza kali ini, sampai jumpa lagi!


Terima kasih telah membaca Flight Review saya kali ini, saran saya terhadap garuda mungkin tidak ada, hanya mungkin kabin kru di sektor ini bisa lebih aware terhadap penumpang yang belum kebagian snack hehehe, tapi overall penerbangan ini seperti biasa saya kalau naik Garuda Indonesia, selalu menjadi penerbangan yang bisa dinikmati, terima kasih Garuda Indonesia!

Terima kasih semuaa!

Next…Reza akan menjajal kereta api di Indonesia.

Instagram @Reza1212

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: